Thursday, September 10, 2009

Pluralisme Tidak Akan Memecah Belah Kami

Jauh kita menengok kebelakang, pada zaman perang, sebelum kami memperoleh kemerdekaan. Mereka yang begitu semangat, mereka yang begitu tegar, dan mereka yang selalu BERSATU. Bandingkan ketika kita melihat di tempat di mana kita berdiri sekarang, rasa kesatuan itu telah pudar. Rasa kebersamaan telah hilang tertelan bersama waktu. Yang tersisa kini adalah perpecahan.

Terkenal dengan Negara berkepulauan terbesar di dunia dengan jumlah penduduk yang cukup besar pula, membuat Indonesia kaya dengan keanekaragaman budaya dan suku bangsa. Keanekaragaman ini dapat dilihat dari masing-masing daerah yang memiliki rumah adat, tarian, pakaian tradisional, dan bahasa daerah tersendiri.  Dapat dikatakan, Indonesia memiliki kebudayaan yang khas dan unik. Banyak pengunjung asing yang kagum akan kebudayaan Indonesia.

Meski  masing-masing daerah memiliki bahasa daerah tersendiri, namun kesatuan masih tetap terjaga, dengan tetap menguasai bahasa kesatuan kita, Bahasa Indonesia. Juga meski budaya masing-masing daerah ada yang berbeda, mereka tetap menghargai satu sama lain dan bahkan menjaganya bersama-sama.

Namun kini kebencian mengambil kesatuan itu, mengapa bangsa itu kini membenci satu sama lain yang berbeda suku dan agamanya? Kemanakah kesatuan dan kebersamaan itu pergi? Dimanakah semangat kesatuan dan persatuan itu? Lalu untuk apa pancasila dibuat dan dipelajari dari kami kecil?Kesatuan yang begitu kami rindukan, untuk boleh kembali dan menguatkan bangsa dan menunjukkan kepada dunia bahwa pluralisme tidak akan memecah-belah kami dan kami tetaplah menjadi satu, yaitu sebagai bangsa Indonesia yang juga terkenal akan keramah-tamahannya. 

Mari tunjukkan pada dunia, bahwa kami adalah satu, seperti sumpah para pemuda pada 28 Oktober 1928 bahwa kami semua bertumpah darah satu, berbangsa satu, dan berbahasa satu. Jangan biarkan semua itu punah terhilang oleh waktu. 

8 comments:

AkaneD'SiLa said...

yupz...
tunjukkan pada dunia kita bisa...
lanjutkan!!!

Narzis Blog's said...

Hmmm, Indonesia pasti bisa...
Negara yang paling menjunjung tinggi perbedaan pasti bisa menjadi lebih baik...
Semoga aja gak akan ada perpecahan disana-sini...
Negara ini harus menunjukkan kepada dunia bahwa Indonesia BISA..!!! :)

Willyo Alsyah P. Isman said...

semoga seluruh masyarakat MULAI dari pedagang asongan sampai pedagang kelas kakap, dri OB sampai yg nangkring di SENAYAN merenungi dan mengaplikasikan tulisan ini dalam kehidupan sehari2.

genial♂ said...

#indonesiaunite

yulia said...

Yupz..tujukkan pada dunia kalau qta bisa,,

Sundea said...

Amiiin ...

pluralisme bukan buat mecah belah, tapi buat bikin lengkap ...

Yofany said...

agreed! yes we can! xdd

ari said...

baru ngeh klo sudah mau sumpah pemuda ya pink .....hampir lupa..ya seharusnya kita sebagai generasi muda pembangun bangsa harus bersatu utk membangun bangsa Indonesia ..BERSATU